NURANI : Semua Pembangunan Harus Lebih Menyentuh Kepada Masyarakat

    0
    13

    PANGKALAN BUN – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj. Nurhidayah dan Ahmadi Riansyah yang akrab disapa NURANI, pada setiap kampanye monologis mereka ke kelurahan dan desa, bertekad siap mengembangkan semua program pembangunan Kobar jika kelak nantinya pasangan tersebut terpilih.

    “Pasangan Nurani bertekad,kalau terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kobar periode 2017-2022, semua hasil pembangunannya harus lebih menyentuh kepada masyarakat, khususnya masyarakat di perdesaan,” ungkap Nurhidayah.

    Seperti di Kecamatan Kumai, selain penyampaian program Pertanian, Peternakan,Perkebunan, Kesehatan maupun Infrastruktur  jalan desa. Nurani juga siap meningkatkan program ekonomi kerakyatan melalui sektor budidaya perikanan bagi masyarakat desa pesisir.

    “Para pelaku usaha perikanan, baik yang ada di Kobar atau investor lainnya dari luar Kobar, akan dijadikan mitra untuk melakukan pendampingan dengan masyarakat nelayan, agar ekonomi masyarakat nelayan ke depannya bisa lebih sejahtera,” kata Nurhidayah.

    Sementara Ahmadi Riansyah mengatakan, melihat dari pengalaman yang dihadapi masyarakat nelayan, program pelatihan harus lebih ditingkatkan.

    ”Jangan karena mau ada anggaran, terus dibuka program pelatihan, tapi ujung-ujungnya kurang berhasil. Nanti Nurani siap akan membuka pelatihan bidang usaha perikanan secara bertahap, bisa juga dengan pihak ketiga investor perikanan agar hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan,” ujar Ahmadi.

    Menurut pandangan Ahmadi, masyarakat nelayan banyak yang kurang mampu untuk bersaing, terutama dalam memasarkan hasil tangkapan mereka. Untuk itu pelatihan Usaha Mikro dan Kecil (UMKM)  bidang perikanan harus di titik beratkan pada kemampuan masyarakat agar bisa berusaha dan mampu bersaing. “Termasuk Pelatihan dan pendampingan budidaya di laut (Mariculture) seperti Keramba Jaring Apung (KJA) harus digalakkan, di semua desa pesisir,” paparnya.

    Dalam kampanyenya Nurani, juga siap meningkatkan program sektor Pembangunan Pendidikan, mulai dari pendidikan 9 tahun atau (sederajat), antara lain melalui PSG ( Program Seragam Gratis ). “ Kepentingan sektor pendidikan di Kobar,ke depan juga salah satu yang harus lebih diprioritaskan, karena dari pendidikan awal TK,SD,SMP,SMU munculnya para calon sumber daya manusia yang handal, untuk membangun daerah dan meneruskan cita-cita bangsa,” jelas Ahmadi. (man/beritasampit.co.id).